Home
Sejarah Singkat
Diposting tanggal: 25 April 2014

Sejarah Singkat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Washliyah Banda Aceh

Dasar Pemikiran

Upaya meningkatkan mutu pendidikan ummat khususnya generasi muda di bumi Serambi Mekkah ini merupakan tanggung jawab semua pihak yang tidak boleh diabaikan. Hal ini demi untuk menjaga martabat bangsa ditengah kompetisi dewasa ini yang semakin ketat dan menjadikan ilmu pengetahuan sebagai pemegang peranan penting. Atas dasar tersebut, Al Jam’iyatul Washliyah Kota Banda Aceh sebagai suatu organisasi social kemasyarakatan yang bargerak dalam bidang Pendidikan, Dakwah dan Amal Sosial, merasa perlu untuk mengambil bagian mengemban tugas meningkatkan mutu pendidikan di Propinsi Aceh yang di tengarai bidang pendidikan sangat tertinggal dibandingkan dengan daerah lain. Salah satu bentuk adalah melalui pendirian lembaga Pendidikan Tinggi.

Proses Pendirian

Beranjak dari tanggung jawab Al Washliyah terhadap mutu pendidikan di Propinsi Aceh, melalui Musyawarah Daerah (MUSDA) I Al Jam’iyatul Washliyah Kota Banda Aceh, maka dengan itu terwujudlah sebuah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Washliyah Banda Aceh, sesuai dengan SK Mendiknas No: 37/D/O/2002 tanggal 14 Februari 2002. Pada tahun pertama STKIP Al Washliyah Banda Aceh membuka 3 program studi yaitu: D2. PGTK, S.1 Pendidikan Geografi, dan S.1 Pendidikan Bahasa Arab.

Suatu fenomena yang sangat menggembirakan, ternyata pendirian STKIP Al-Washliyah Banda Aceh mendapat tempat di hati masyarakat, hal ini dibuktikan dengan membludaknya calon mahasiswa yang mendaftar pada program studi yang dibuka, terutama untuk prodi S.1 Pendidikan Geografi dan D2. PGTK. Dimana sampai saat ini hampir seluruh alumni telah diangkat menjadi guru PNS dan guru bantu diseluruh Propinsi Aceh. Disamping itu pula dengan adanya alumni D.2 PGTK terjadinya penambahan pendirian TK secara signifikan diseluruh Aceh.